Bantah Ada Dugaan Salah Perencanaan

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Kuat dugaan terjadi salah perencanaan pada bangunan gedung yang berada di lingkungan pemerintah kota (Pemkot) Lubuklinggau, ternyata dibantah oleh Pihak Pu Pr Lubuklinggau. Senin (15/7).

Pantauan wartawan dilapangan gedung lima lantai yang direncanakan di 2013 dan mulai dibangun sejak 2014 lalu telah memasuki beberapa tahap pembangunan, namun hingga saat ini belum juga rampung. Dan anehnya lagi ada beberapa bagian bangunan yang dirombak ulang meski belum rampung bahkan belum pernah digunakan.

Nampak beberapa pekerja sedang membongkar tangga di dalam gedung pemkot lubuklinggau, Senin (15/7)

Menurut data yang dihimpun, bagian tangga dari lantai satu menuju kelantai kedua sengaja dibongkar, tidak hanya lantai granitnya yang dibongkar, namun meliputi juga bagian tangganya yang turut dihancurkan.

Foto diambil dari ketinggian, lantai tiga gedung pemkot lubuklinggau.

Terpisah, Kabid Cipta Karya (CK) Dinas PU Penataan Ruang Lubuklinggau, Ihwan saat dijumpai diruang kerjanya mengatakan, pembongkaran beberapa bagian di gedung pemkot tersebut merujuk pada perubahan review Detail Engineering Design (DED).

“Semula menurut DED 2013 ruangan tersebut diperuntukan untuk tangga dan ruang perkantoran. Namun seiring berjalan waktu peruntukanya juga berubah setelah perjalanan waktu lima tahun terkahir, kini di 2019 bagian gedung yang dibongkar akan dibangun lagi untuk peruntukan ruang pameran atau lobby,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan sekarang pembangunan gedung sudah memasuki tahap enam, dengan anggaran berkisar 11,6 milyar. Yakni menuntaskan bagian pembangunan pada lantai dasar dan lantai lima.

“Tahap inipun belum mencapai finishing, akan ada perencanaan lagi untuk tahap tujuh, baru bisa finishing full, terkait masalah granit (keramik) dilantai dasar semuanya akan diganti, karena untuk menyesuaikan, jangan sampai tidak seragam,” terangnya.

Masih kata Ihwan, dirinya menegaskan pekerjaan bongkar pasang ini bukan salah perencanaan, namun menyesuaikan sesuai kebutuhan seiring perkembangan zaman. “Yang semula tangga, kita ubah menjadi bagian lobby,” tegasnya.

Baca Juga:  WE Hotel Belum Miliki Izin Ipal dan Hiburan Karaoke yang Menjual Minuman Beralkohol

Terkait suara bising, sebelumnya pihaknya telah mengingatkan pihak rekanan agar aktivitas Bongkar pasang diselesaikan dihari libur, jangan dihari kerja. Namun melihat dari laporan hari ini, berarti pesan dan himbauan tersebut sepertinya tidak di indahkan.

“Akan kembali kita tegur dan kita ingatkan, karena mengingat didalam gedung yang sama, masih terdapat kantor dinas kominfo Lubuklinggau yang aktif di setiap hari kerja, makanya kita ingatkan untuk tidak terlalu berisik dan disarankan bekerja dihari libur, besok kita akan tinjau langsung, karena sudah menjadi agenda rutin meninjau setiap perkembangan pembangunan, serta ada evaluasi di setiap minggunya,” kata Ihwan

Lebih lanjut dikatakannya, merujuk pada visi Lubuklinggau, yakni kota tujuan, Jadi sedemikian rupa pihaknya menyesuaikan tata ruang pembangunan, termasuk kantor harus di indahkan sedemikian rupa. “Gedung tersebut akan menjadi salah satu icon pemkot lubuklinggau, dan akan kejar tayang pada peresmian di hut kota lubuklinggau 17 oktober mendatang,” pungkasnya. NSR

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!