“BAPAK KOPERASI” Indonesia Punya Bung Hatta, Musi Rawas Ada Figur H Mulyana

MUSIRAWAS, Panjinews.com – Mohammad Hatta (bung Hatta) dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Dirinya didaulat karena perannya yang cukup besar dalam memajukan koperasi di Indonesia. Pada 17 Juli 1953 melalui Kongres Koperasi Indonesia di Bandung, Hatta resmi menyandang sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Dengan besarnya peranan dirinya dalam dunia koperasi, pada 17 Juli 1953 pria lulusan Handels Hoge School Rotterdam itu diangkat sebagai Bapak Koperasi Indonesia pada Kongres Koperasi Indonesia di Bandung. Pikiran-pikirannya mengenai koperasi antara lain dituangkan dalam bukunya yang berjudul Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun (1971).

Bicara soal koperasi, kalau indonesia memiliki sosok Bung Hatta sebagai bapak koperasi indonesia, begitu pula di Kabupaten Musi Rawas, ada sosok seorang H Mulyana yang pantas seharusnya layak disebut bapak koperasinya kabupaten Musi Rawas.

Gagasan itu muncul kepada H Mulyana bukan tanpa sebab, meski tak dapat disejajarkan dengan Bung Hatta, namun dalam sepak terjang beliau dalam upaya menumbuhkan kembangkan perekonomian masyarakat musi rawas dibidang koperasi, patut diacungi dua jempol.

Menurut penelusuran wartawan, H Mulyana merupakan sosok figur yang mengawali kariernya dari seorang Aparatur sipil negara (ASN) menjadi seorang guru Agama islam di SDN Purwodadi pada 1984 silam. Pernah juga menjabat sebagai kepala sekolah di sekolah yang sama pada 2003.

“Perjalanan karier H Mulyana di dunia koperasi dimulai pada tahun 1985, pada saat itu beliau baru menjadi anggota koperasi KSP Rias (Salah satu koperasi terbesar yang ada di Musi Rawas),” terang Sudrajat orang terdekat, H Mulyana.

Lanjutnya, H Mulyana merupakan sosok seorang guru yang gigih dalam upaya mengentaskan kebodohan dan kemiskinan. Hal itu terbukti dari karirnya sebagai guru dan kepala sekolah, itu pula di iringi dengan kariernya di perhelatan koperasi sebagi upaya turut mensejahterakan masyarakat Musi Rawas.

Baca Juga:  Kendarai Sepeda Motor, Gubernur dan Bupati Tinjau Kondisi Jalan

Seiring berjalanya waktu, H Mulyana yang sejak tahun 2005 mengemban jabatan sebagai manager koperasi rias hingga sekarang, telah berhasil merekrutmen ratusan karyawan, yang semuanya asli 100 persen masyarakat berdomisili di musi rawas. Ini sebagai upaya menciptakan lapangan pekerjaan untuk meningkatkan strata ekonomi masyarakat.

“Selain itu, sedikitnya ada delapan cabang KSP rias dan sekitar 11.000 nasabah KSP Rias yang tersebar di berbagai penjuru di Musi Rawas. Ini juga membuktikan kalau keinginan beliau untuk meningkatkan perekonomian masyarakat bukan hanya baru sekedar teori belaka,” jelas Sudrajat.

Memasuki kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada) Musi Rawas, saat ini H Mulyana ikut berpartisipasi dalam kontestasi demokrasi akbar di Musi Rawas tersebut. Yang mana H Mulyana saat ini sedang dalam proses menuju penetapan pasangan calon pada 23 september mendatang.

“H Hendra Gunawan (H2G) berpasangan H Mulyana, adalah pasangan yang ideal dalam rangka untuk memajukan musi rawas, kedua figur ini memiliki keahlian yang mumpuni yang diharapkan dapat mampu menjawab keraguan publik, baik dalam upaya mengentaskan kemiskinan, dan mengentaskan problema lainya,” pungkasnya. (NAS)

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!