Baru Genap Sebulan, Lampu Hias Jalan Bernilai Milyaran Banyak Padam

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Salah satu program pemerintah kota Lubuklinggau, untuk mempercantik suasana kota dimalam hari dengan menghiasinya dengan lampu hias disepanjang jalan menuai tanda tanya publik. Pasalnya proyek lampu hias median jalan yang diwujudkan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) kota Lubuklinggau tersebut menyedot anggaran yang sangat fantastis, yakni menggelontarkan anggaran senilai Rp1.192.813.615,98 (HPS) dari dana Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2019, untuk merealisasikan lampu hias median.

Menurut data yang dihimpun wartawan, pengadaan sistem tender pasca kualifikasi di web LPSE kota Lubuklinggau, proyek tersebut dimenangkan oleh CV Warna Indah yang beralamatkan di Jl.Patra III Blok.13, No.05 Sako, Kota Palembang, setelah memenangkan tender dari 6 peserta lainnya.

Adapun harga penawaran dan terkoreksi tersebut senilai Rp1.136.064.230,22. Namun, tender yang ditandatangani kontraknya pada 13 November 2019, dan selesai pengerjaan pada 15 November 2019 (hanya 2 hari).

Menurut ketua Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Lubuklinggau (AMPL), Angga Juli Nastion saat dimintai wartawan yerkait proyek lampu hias yang kini sudah banyak padam tersebut, mengatakan bahwa diduga kuat spesifikasi barang merupakan produk asal jadi dan terkesan banyak mark up nya. Karena umur lampu tersebut barulah genap satu bulan, namun sudah nampak banyak yang padam.

“Saya tadi lewat di sepanjang jalan Yos Sudarso tempat dimana lampu hias warna-warni terpajang, ternyata menurut oantauan mata saya, sedikitnya ada 4 baris lampu hias yang sama sekali tidak menyala. Padahal ini kan baru, kog bisa ya. Patut kita pertanyakan kualitas barangnya yang diduga tidak sesuai spesifikasi, mengingat nilai proyek ini 1,3 milyar, harusnya kualitas lampupun sudah baik dengan harga seperti itu,” terangnya.

Lanjut Angga, jelas sekali terlihat lampu hias jalan yang dianggarkan milyaran telah banyak yang rusak. Mirisnya lagi hal pemasangan lampu tersebut terhitung baru mencapai satu bulan yakni 15 november 2019 dan sekarang (16 Desember 2019 *Red), dan ini bisa disaksikan langsung oleh seluruh warga Kota Lubuklinggau maupun warga luar daerah lainnya yang berlalu-lalang di jalan lintas tersebut pada malam hari.

Baca Juga:  DPMPTSP Kota Lubuklinggau Jadi Pelopor Sosialisasi LKPM di Masa New Normal

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Kota Lubuklinggau, Trisko Defriansyah saat dikonfirmasi wartawan via Whatss app mengatakan silakan tanya ke bagian tekhnis kabid PJU saja.

“Langsung ke teknis ke Kabid PJU pak Misno, setahu saya pekerjaan itu belum di 100 Persen, jadi masih tanggung jawab penyedia dan tim merekapun siap untuk maintenance, sampai normal dan pembayaran dilakukan perhitungan secara teknis,” singkatnya

Selanjutnya wartawan mencoba mengkonfirmasi pak Misno, dan hingga berita ini ditayangkan belum ada klarifikasi dari Kabid PJU. NSR

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!