Bawaslu Gelar Rakor Gakumdu Guna Satukan Persepsi Penegakan Hukum Pelanggaran Pemilu

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lubuklinggau menggelar Rakor Mitra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Hotel Dewinda Lubuklinggau, Kamis (28/3). Hal itu dilakukan guna mendapatkan masukkan serta pendapat terkait implementasi dan tindak pidana Pemilu 2019 di Lubuklinggau,

Komisioner Bawaslu Lubuklinggau, Bahusi, saat menyampaikan kata sambutan mengatakan, Sentra Gakkumdu merupakan pusat aktivitas penegakan hukum tindak pidana pemilu yang terdiri dari unsur Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan.

Forum Rakor ini dilaksanakan, sebagai tempat untuk menyamakan persepsi dan mematangkan persiapan dalam menghadapi Pemilu serentak 2019, khususnya di Lubuklinggau.

“Forum Rakor ini digagas bersama untuk memberikan kesempatan bagi peserta dan pemantau Pemilu yang hadir menyampaikan masukan dan mengajukan pendapat terkait implementasi dan pengaturan tindak pidana Pemilu 2019, “ kata Bahusi

Masih kata Bahusi, digelarnya Rakor Gakkumdu kali ini, juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada seluruh pengawas Pemilu dan instansi terkait tentang tata cara penanganan perkara tindak pidana pemilu.

“Untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi seluruh staff dan jajaran Bawaslu Kota dan Kecamatan dalam memberikan pelayanan kepada pelapor atau terlapor dalam kasus tindak pidana pemilu, “ kata Bahusi dalam paparannya.

Lebih lanjut diharapkan Bahusi, forum Rakor pembinaan ini, menghasilkan sesuatu yang lebih mematangkan persiapan Sentra Gakkumdu dalam menghadapi Pemilu Tahun 2019 ini. Salah satunya terjalinnya komunikasi yang lebih erat, sehingga ego sektoral tidak muncul di antara personil dari tiga Instansi ini.

“Dengan menyamakan persepsi dan pola pikir bagi pembina/koordinator dan anggota sentra penegakan hukum terpadu Bawaslu Kabupaten dalam melaksanakan tugas menangani kasus tindak pidana pemilu,“ harapnya. NSR

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!