Bulan Depan Jadwal KPK Datangi Empat Lawang

*Agenda Monev Renaksi Tahun 2019

TEBINGTINGGI, Panjinews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) kabarnya tengah membidik Empat Lawang menjadi target selanjutnya. Bahkan berdasarkan informasi, rencananya Oktober mendatang Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini disambangi KPK tersebut.

Namun, kedatangan KPK itu bukan dalam agenda negatif seperti Operasi Tangkap Tangan (OTT) pejabat yang santer terdengar dibeberapa daerah belakangan ini. Melainkan, kedatangan KPK ini dalam agenda positif yakni monitoring evaluasi (Monev) realisasi aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi (Renaksi) sampai triwulan tiga tahun 2019.

Hal itu diungkapkan Inspektur Inspektorat Empat Lawang, M Daud didampingi Auditor, Darwin saat ditemui di Kantor Inspektorat, Rabu (11/9).

“Aksi KPK ini merupakan program nasional. Rencananya oktober ini giliran Empat Lawang di datangi KPK. Tapi untuk tanggal pastinya belum kita ketahui, masih flexibel menyesuaikan jadwal mereka (KPK),” ujarnya.

Dijelaskannya, KPK nanti akan mengecek sejauh mana tindak lanjut Kegiatan Aksi KPK di Empat Lawang sesuai memorandum of understanding (MoU) yang telah ditandatangani Bupati dan KPK. serta implementasi aksi dilapangan MoU kepala OPD dan Bupati.

“KPK menginstruksikan seluruh Pemda Seindonesia merencanakan aksi pencegahan korupsi. Bentuknya dengan meminta komitmen kepala daerah dan OPD untuk mencegah sedini mungkin terjadinya praktek praktek nakal korupsi,” jelasnya.

Inspektur menyebutkan, ada delapan area yang yang ditetapkan KPK menjadi area pencegahan korupsi. Diantaranya yakni wilayah pengadaan barang dan jasa, manajemen aset daerah, tatakelola dana desa, perencanaan dan penganggaran, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilutas APIP, manajemen ASN, dan optimalisasi pendapatan daerah.

Beradasarkan area yang sudah ditetapkan KPK tersebut, Daud menuturkan, ada delapan Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi percontohan untuk pelaksanaan aksi KPK itu.

Baca Juga:  Tindak Lanjuti Kisruh Rastra, Wabup Datangi Kemensos

Diantaranya, OPD BPKAD, BPPRD, BPPD, DPMPTSP, DPMDP3A, BKPSDM, INSPEKTORAT dan Bagian Unit Layanan Pengadaan Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa.

“Pihak kami akan terlebih daluhu nanti melakukan Monev ke OPD yang jadi percontohan. Sehingga saat dilakukan monev oleh KPK, OPD memang sudah benar benar siap,” pungkasnya. RED

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!