Di Era 4.0 Pendidik Harus Tingkatkan Kinerja

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 diungkapkan bahwa pengawas sekolah merupakan pelaksana teknis fungsional dibidang pengawasan akademik dan manajerial pada sejumlah sekolah yang ditetapkan.

Seperti Kegiatan yang dilaksanakan dilubuklinggau, dalam rangka menjalankan fungsi pengawas sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja sekolah, melalui proses pengawasan dan evaluasi setiap tahunya, salah satunya mengevaluasi kinerja kepala sekolah. Hal itu diungkapkan koordinator pengawas Lubuklinggau, Sunardi seusai memberikan pemahaman tentang evaluasi kinerja kepala sekolah di SMA negeri 3 Lubuklinggau, Kamis (5/12).

Dalam kegiatan yang dihadiri puluhan peserta yang terdiri kepala sekolah Sma Negeri dan Wakil kepala sekolah Sma Negeri se-kota lubuklinggau. Menurut Sunardi mengapa perlunya mengevaluasi kinerja kepala sekolah, hal itu dianggap penting karena kepala sekolah merupakan leader di sekolahnya masing-masing, maka dari itu kalau mau bagusnya sekolah tergantung kepala sekolah memanajemen sekolahnya.

“Sesuai dengan delapan standar indikator penilaian kita. Alhamdulillah cukup bagus, karena dari tahun ke tahun selalu meningkat pemahaman terhadap delapan standar yang menjadi point penting kinerja sekolah tersebut. Itu dibuktikan dengan standar kelulusan siswa, dibeberapa tahun terakhir semuanya lulus tidak ada siswa yang ketinggalan khusunya di sembilah Sma negeri dilubuklinggau. IInimembuktikan bahwa standar kelulusan yang sudah diberikan, berhasil dipahami oleh pihak sekolah,” terangnya.

Ditambahkannya, manajemen kepala sekolah itu sangat lah penting, seperti salah satunya dengan absen menggunakan fingger print, itu juga merupakan program terobosan untuk membuat dan melatih guru-guru disekolah mejadi disiplin.

“Kedisiplinan adalah salah satu indikator dalam evaluasi sekolah setiap tahunya. Untuk itu kita menganggap penting soal kedisiplinan ini, karena bila kepala sekolah dan gurunya disiplin, ini akan berdampak baik bagi pelayanan guru terhadap siswanya serta performa mutu sekolah juga akan meningkat,” jelas Sunardi.

Baca Juga:  PDI-P Laporkan Dugaan Intimidasi Politik ke Bawaslu

Ia berharap, dalam evaluasi kinerja ditahun ini dapat meningkat dari tahun sebelumnya, karena merujuk pada era 4.0 (Era Digital) pendidik memang dituntut harus lebih maju, termasuk dalam memajukan dunia pendidikan berbasis tekhnologi seperti saat ini.

“Pertama kepala sekolah harus lebih memahami bahwa peran dan fungsinya disekolah, dan yang kedua dengan adanya kegiatan evaluasi kinerja kepala sekolah ini dapat meningkatkan prestasinya lebih baik lagi, agar pelayanan sekolah kepada siswa dan ke masyarakat bisa terpenuhi,” pungkasnya. NSR

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!