Diciduk Polisi Lantaran Buat Laporan Palsu

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Nasrudin (33) diamankan di Polres Lubuklinggau Timur Polres Lubuklinggau, Senin (17/12). Warga Jalan Merbabu Kelurahan Karya Bhakti Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau ini bakal dikenakan padal 243 ayat 1 KUHP lantaran memberikan keterangan palsu.

Kronologisnya Jum’at (14/12) sekitar pukul 10.00 WIB, pelaku mendatangi Kantor Polsek Lubuklinggau Timur dengan tujuan untuk melaporkan peristiwa pencurian sepeda motor honda beat di depan rumahnya. Laporan pencurian sepeda motor pelaku diterima dan langsung di BAP oleh pemeriksa.

Namun laporan pelaku ini palsu, karena anggota Polsek Lubuklinggau Timur mendapatkan informasi bahwa sepeda motor milik pelaku tidak hilang, melainkan digelapkan Alok teman kakak kandung pelaku bernama Siswanto.

Diketahui saat itu Siswanto yang menggunakan sepeda motor pelaku sedang mangkal di depan Hotel Arya Guna. Kemudian datanglah Alok dan meminjam sepeda motor dengan alasan untuk mengambil obat di rumah neneknya. Namun hingga kini sepeda motor itu tidak dikembalikan Alok kepada Siswanto.

Berhubung sepeda motor milik pelaku masih berstatus kredit di PT. FIF Group Cabang Lubuklinggau, pelaku berniat mengelabui pihak leasing PT. FIF Group Cabang Lubuklinggau seolah – olah sepeda motor hilang dicuri. Tujuannya untuk mengklaim asuransinya, sebab jika melaporkan kejadian sebenarnya yaitu penggelapan, sepeda motor itu tidak bisa diklaim asuransinya sehingga pelaku membuat laporan palsu di Kantor Polsek Lubuklinggau Timur.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono melalui Kapolsek Lubuklinggau Timur AKP Diaz Oktora menjelaskan, tersangka ditangkap unit Reskrim Polsek saat tersangka kembali kekantor Polsek Lubuklinggau untuk mengurus klaim asuransi sepeda motor tersebut. Tersangka lalu diintrogasi dan mengakui perbuatannya. “Selanjutnya pelaku langsung diproses dengan kasus memberikan laporan palsu,” pungkasnya. NSR

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!