“Fantastis” Lima Kali Bimtek DPRD Mura Serap APBD 30 Milyar

MUSIRAWAS, Panjinews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Rawas pada Tahun 2019 telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) sebanyak 5 Kali dengan menghabiskan dana APBD Musi Rawas sebesar 30 Miliar. Hal itu dinilai telah menghambur – hamburkan anggaran dan terkesan mubazir.

Menurut data dihimpun wartawan, diketahui setiap masing – masing anggota DPRD Musi Rawas mendapatkan jatah sebesar 5 juta per orang dalam satu kali Bimtek dilaksanakan.

Menanggapi hal tersebut, Hafidz Noeh Ketua Lembaga Swadaya Masayrakat Forum Pemerhati Pendidikan dan Pemerintah (LSM FP3) menilai DPRD Musi Rawas telah melakukan pemborosan anggaran.

Menurut nya DPRD tidak lagi melihat dan menyadari ketimpangan sosial yang masih terasa di Kabupaten Musi Rawas. Hanya dengan melaksanakan Bimtek sebanyak 5 kali, DPRD telah menghabiskan dana sebesar 30 miliar.

“jelas ini pemborosan anggaran. Bimtek itu memang diperlukan, tapi ya coba kita bayangkan hanya sebanyak 5 kali Bimtek, DPRD telah menghabiskan 30 miliar. Coba hitung untuk satu kali bimtek jadi berapa miliar yang mereka habiskan,” ujar Hafidz.

Hafidz juga mendesak Sekretaris Dewan (Sekwan) Amir Hamzah selaku Pengguna Anggaran untuk menjelaskan kepada publik secara transparan terkait anggaran yang telah dikucurkan tersebut.

“Sekwan harus menjelaskan kepada masyarakat secara transparan, itu biaya yang mereka gunakan bersumber dari uang rakyat jadi wajar kalau rakyat harus tahu, jangan sampai membuat rasa kepercayaan mereka kepada wakil nya yang duduk dikursi empuk itu sekarang pudar,” Jelas nya.

Disisi lain salah satu netizen media sosial group Whatsapp mengungkapkan biaya Bimtek yang dikucurkan oleh Sekwan DPRD hampir sampai sama dengan anggaran Pilkada di Kabupaten Musi Rawas.

“kalau ditambah gaji berarti lebih dari anggaran pilkada Musi Rawas, Pilkada Musi Rawas itu diangka 45an Miliar, itu sudah termasuk gaji dan logistik pemilu,” Ujar nya.

Baca Juga:  Bawaslu Mura Bantah Hindari Unjuk Rasa Hmi

Sebelumnya Eka Yuliawan selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) mengungkapkan ditahun 2019 DPRD Musi Rawas telah melaksanakan Bimtek sebanyak 5 kali dan terakhir kali diselenggarakan di Palembang.

Sementara itu Amir Hamzah selaku Sekwan belum berhasil dimintai penjelasan nya hingga berita ini ditayangkan. TIM

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!