Hingga Oktober 2018, 12,5 Milyar Pelanggan Nunggak Bayar Tagihan Listrik

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Terhitung sepanjang 2018 hingga bulan oktober terdapat 12,5 milyar pelanggan yang nunggak membayar tagihan listrik di Pln Rayon Lubuklinggau. Tunggakan itu bervariasi mulai dari masyarakat hingga pihak pemerintah. Hal itu diungkapkan Manager PLN rayon Lubuklinggau, Rizal Alfian saat dibincangi wartawan di ruang kerjanya, kemarin (14/11).

Diungkapkan Rizal, tunggakan tersebut di dominasi oleh pemerintah kota (Pemkot) Lubuklinggau yakni sebanyak 3,2 milyar dengan lama tunggakan selama lima bulan, sedangkan untuk pemerintah daerah Musi Rawas Utara (Muratara) sekitar 1 milyar, masyarakat Lubuklinggau sekitar 2 milyar dan sisanya ada yang dari masyarakat musi rawas dan Muratara.

“Teritorial listrik itu tidak berdasarkan teritorial daerah, ia berdasarkan jaringan, jadi memang ada sebagian wilayah mura dan muratara membayar tagihanya ke PLN Lubuklinggau,” jelasnya.

Lanjut Rizal, pada dasarnya kalau harus sesuai aturan nya konsumen yang menunggak dibulan pertama setiap tanggal 20 setiap bulannya, akan dilakukan pemutusan sementara, dan yang menunggak tiga bulan ke atas dilakukan pemutusan permanent. “Namun kita punya toleransi dan itikad baik selagi konsumen memiliki niat untuk membayar,”

Dijelaskan Rizal, untuk ke pemkot maupun ke pemda pihaknya sudah berkoordinasi secara intens, baik secara lisan maupun tertulis. “Sejauh ini masih kooperatif, dan memang alasannya terkait anggaran kas daerahnya yang belum ada,” ujarnya

Sedangkan kalau alasan masyarakat saat dilakukan penagihan door to door masih seputar masalah faktor ekonomi yang menjadi penyebab telat atau menunggaknya pembayaran listrik. “Namun selagi kooperatif kita masih toleransi, untuk pajak dari pln sendiri kita sudah rutin setiap bulannya setor ke pemkot Lubuklinggau, dengan nominal 1 kilyar oer bulannya, sedangakan kewajiban pemkot Lubuklinggau membayar tagihan listrik ke pln yakni 600 juta perbulannya,” pungkasnya. NSR

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!