Jelang Mudik Bandara Silampari Sediakan Posko Terpadu

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Menjelang arus mudik lebaran 1440 H. Bandara Silampari Lubuklinggau akan mendirikan posko terpadu khusus di area bandara dalam memfasilitasi penumpang yang hendak melakukan pemberangkatan maupun penumpang yang tiba di Lubuklinggau.

Diposko tersebut diisi oleh tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Lubuklinggau dan pihak keamanan dari Polres Lubuklinggau. Hal itu diungkapkan Kepala Bandara Silampari Lubuklinggau, Rudi Pitoyo kepada wartawan, Senin (20/5).

“Menjelang arus mudik, bandara lubuklinggau berkoordinasi dengan pemkot lubuklinggau akan mendirikan posko terpadu khusus di bandara silampari Lubullinggau yang diisi oleh instansi instansi terkiat seperti dinas kesehatan, kepolisian akan terlibat disana,” ujarnya.

Rudi menuturkan, posko terpadu tersebut ditujukan untuk penumpang yang kesulitan melakukan perjalanan. Akan disiapkan satu posko yang terhubung dengan penumpang langsung. Akan di stand by kan tim kesehatan dari Dinkes dan timkes dari bandara sendiri.

Selain itu, kata Rudi, penumpang yang memanfaatkan fasilitas penerbangan di Bandara Silampari sampai saat ini belum mengalami lonjakan dalam artian masih berjalan normal. Sesuai pengalaman biasanya H-7 lebaran baru ada peningkatan penumpang. Sampai saat ini belum ada pengajuan dari maskapai untuk menambah penerbangan atau extra filght.

Seandainya benar terjadi lonjakan penumpang, Rudi beranggapan pihaknya tidak terlalu pusing. Apalagi dengan terminal baru sangat leluasa untuk menerima lonjakan penumpang. Karena terminal baru sendiri kafasitasnya sudah bertambah. “Dulunya kita bisa menampung 50 orang sekarang sudah bisa 400 orang dalam jam sibuk atau berbarengan semua maksudnya. Jadi kita tidak terlalu pusing kalau memang terjadi lonjakan penumpang,” ungkapnya.

Untuk harga tiket sendiri, masih kata Rudi, kementrian sudah mengeluarkan aturan no 106 tahun 2019 menjelaskan tentang tarif batas atas dan batas bawah. Berapa batas atas, dan berapa batas bawahnya. Yang memungkinkan harga tiketnya terbatasi dan cenderung turun 11 sampai 15 persen, dan sekarang sudah berlaku.

Baca Juga:  Masih Ditemukan Beberapa APK Yang Melanggar Perda

“Nanti akan kita informasikan ke penumpang untuk mengontrol harga tiket pesawat, nanti dari bandara akan membuat dalam bentuk poster. Akan ditampilkan tarif batas atas ke jakarta dan tarif batas atas ke palembang juga akan ditampilkan, tarif batas bawahbya juga kita tampilkan,” jelasnya.

“Jadi pihak penumpang dan pihak masyarakat bisa mengecek. Berapa harga tiket itu sendiri. Yang jelas dibatasi tidak bisa melebihi tarif batas atas tersebut,” pungkasnya. AF/ NSR

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!