Kapolres: Siagakan URC Antisipasi Kejahatan 3C

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Untuk mengantisipasi curas, curat dan curanmor (3 C), Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono saat dibincangi wartawan akan menyiagakan dan mengoptimalkan unit reaksi cepat (URC).

Menurutnya, Urc bermanfaat sebagai pertolongan pertama untuk mencegah tindak kriminal jalanan seperti begal atau jambret. Nantinya urc akan dibentuk tiga sheep yang terdiri dari enam sampai delapan orang.

“Kita siagakan personil yang dipersenjatai senjata laras panjang, dengan kendaraan mobil dan motor trail,” ujar kapolres, jum’at (16/11).

Lanjut Polisi berpangkat melati dua ini, mengungkapkan sebenarnya urc sudah lama ada, namun intensitas dan pengoptimalannya yang harus ditingkatkan, biar lebih aktif dalam menangkal tindak krjahatan jalanan seperti begal.

“Tugas mereka patroli keliling di daerah rawan, dengan reaksi cepat tanggap kita berharap dapat mengurungkan niat pelaku kejahatan kalau kita selalu siaga, selain itu kita tugaskan mereka untuk sambangi poskamling dan intens turut melibatkan bhabinkamtibmas maupun bhabinsa,” jelasnya.

Ditegaskan kapolres, apabila ada begal dan jambret yang memiliki sajam, atau senpi, atau telah melukai korbannya, maka patut ditindak tegas.

“Bila dianggap perlu, maka tembak saja di tempat pelaku begal dan jambret itu, apa lagi ditemukan sajam, hal itu guna kebaikan dan ketentraman masyarakat,” paparnya.

Rencana minggu depan sarana dan prasarananua (sarpras) di siapkan. Personil di fokuskan pada satuan sabhara, namun tidak menutup kemungkinan gabungan dari kesatuan lain.

Sementara itu, Satuan Lalu lintas (Sat lantas) polres lubuklinggau, Akp Feby Febiyana mengatakan satlantas siap berkontribusi dalam pengoptimalan urc, pihaknya siap juga menerjunkan personil maupun kendaraan, bila dianggap perlu untuk meningkatkan patroli urc ini.

“Inikan demi keamanan masyarakat dan lingkungan kita bersama, maka kita siap kapanpun untuk mengabdi dan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat kota Lubuklinggau terkhususnya,” pungkasnya. NSR

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!