Komunitas Pecinta Sejarah Gelar Seminar Untuk Lestarikan Sejarah Lokal

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Kurangnya pengetahuan kalangan muda terhadap sejarah lokal membuat sejarah khususnya Kota Lubuklinggau mengalami masa yang sulit.

Demi melestarikan sejarah tersebut Komunitas Pecinta Sejarah Bumi Silampari bekerjasama dengan Museum Subkoss Garuda Sriwijaya menggelar Seminar Sejarah dengan tema ” Pelestarian dan Penulisan Sejarah Lokal ” di Museum Subkoss Garuda Sriwijaya. Sabtu,(15/12).

Sejarah lokal yang mulai ditinggalkan oleh zaman dan keberadaan Museum yg mulai terbengkalai menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi semua pihak, bagaimana agar Museum Subkoss Garuda Sriwijaya bisa menjadi media pembelajaran bagi generasi muda.

Memurut pemateri, Andriana Shofiarini, S,H., M. Pd didampingi Ravico, M. Hum, menyatakan masih lemahnya upaya pelestarian dan upaya penulisan kembali sejarah oleh generasi muda saat ini. Hal ini disebabkan oleh belum mengertinya generasi dalam metode penulisan sejarah.

Harapan ke depan dengan adanya komunikasi pecinta sejarah dan didukung oleh Museum sublkos. “Besar harapan mahasiswa yang tergabung dalam komunitas mampu menulis sejarah lokal kembali,” terangnya.

Hal senada diungkapkan, Drs. H. Suwandi Syam M. Pd selaku Ketua Museum Subkoss Garuda Sriwijaya menyampaikan sejarah panjang perjuangan masyarakat Sumatera Selatan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“Saat ini, Generasi muda harus mengerti bagaimana sejarah perjuangan masyarakat Lubuklinggau memperjuangkan kemerdekaan dan membebaskan diri dari belenggu kolonial Belanda, sehingga begeloralah semangat, Merdeka atau Mati,” pungkasnya. NSR

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: DILARANG COPAS !!!