KPPS Ujung Tombak Penyelenggaraan Pesta Demokrasi

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) merupakan ujung tombak sukses atau tidaknya pelaksanaan pesta demokrasi pada tanggal 27 juni 2018 nanti. Hal tersebut terungkap saat Panitia pemilihan kecamatan (PPK) lubuklinggau utara I melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 96 anggota KPPS yang tersebar di 10 kelurahan dan terbagi menjadi 32 tps pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta walikota dan wakil walikota kota lubuklinggau provinsi sumatera selatan, kemarin (23/6) di aula serbaguna Kecamatan Lubuklinggau Utara 1.

Ketua PPK Lubuklinggau Utara I, Doddy Juliansyah mengatakan, tujuan dilaksanakan Bimtek agar dalam proses pemungutan dan penghitungan suara KPPS dapat bekerja sesuai dengan petunjuk, yakni Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Menurutnya, sukses dan tidaknya Pilkada serentak 2018, baik Pilkada Kota Lubuklinggau maupun Pemilihan Gubernur Provinsi Sumsel, berada di tangan anggota KPPS. Dikarenakan, anggota KPPS yang melakukan pemungutan dan penghitungan suara, sementara ditingkat kecamatan hingga kota hanya melakukan rekapitulasi penghitungan suara yang sudah dilakukan anggota KPPS se-Kecamatan Lubuklinggau Utara 1.

“Pelaksanaan Bimtek KPPS ini kita harapkan agar dapat menciptakan keadaan yang efisien dan efektif pada pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara nanti,” harapnya.

Doddy menambahkan Bimtek yang diselenggarakan PPK Lubuklinggau Utara I dibagi menjadi tiga sesi dan dilaksankan selama dua hari. Ini bertujuan agar KPPS benar- benar mampu dan memahami tugas yang akan dilaksankan nantinya di tempat pemungutan suara (TPS).

Doddy juga menekankan kepada KPPS agar dapat bekerja secara profesional dan memiliki integritas sebagai penyelenggara pemilu yang melayani masyarakat dalam menyalurkan hak suara masyarakat.

“Selain bekerja secara maksimal, kita juga menegaskan agar KPPS berlaku profesional dan mampu mengembang amanah sebagai penyelenggara pemilu, itu dibuktikan dengan netralitas seperti apa yang menjadi azas pemilu,” paparnya.

Pantauan awak media dilapangan, pemateri dalam Bimtek tersebut di isi oleh PPK Lubuklinggau Utara I dan jajaran staf PPK secara bergantian. RED

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!