KPU Bentuk Relawan Demokrasi Untuk Tingkatkan Partisipatif Pemilih

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Untuk meningkatkan parsitipatif pemilih Komisi pemilihan umum (KPU) Kota Lubuklinggau akan membentuk relawan demokrasi. Pembukaan pendaftarannya dimulai hari ini (senin 14/1) hingga rabu (16/1) mendatang.

Hal itu dilakukan karena tren parsitipatif pemilih cendrung menurun serta tantangan pemilu serentak 2019 dengan 5 surat suara perlu disosialisasikan.

“Kalau melihat hasil parsitipatif pemilih dari tahun 1999 mencapai 92 %, 2004 84%, 2009 71 %, 2014 73 %, dalam arti trennya cendrung menurun, jadi pembentukan relawan demokrasi ini menjadi salah satu solusi untuk mensosialisasikan tahapan terkait pemilu 2019 serta guna meningkatkan parsitipatif pemilih,” Kata, Andri Affandi Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Div. Sosialisasi, Parmas dan SDM.

Lanjutnya, untuk sasaran sosialisasi nantinya, relawan demokrasi akan diterjunkan di 10 titik basis, yakni basis pemula, basis keluarga, basis muda, basis perempuan, basis disabilitas, basis marginal, basis kebutuhan khusus, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet.

“Kita harapkan titik basis yang telah ditetapkan relawan demokrasi yang nanti terbentuk dapat optimal dalam mensosialisasikan tahapan pileg dan pilpres,” harapnya.

Dijelaskan bapak dua anak ini, untuk syaratnya diutamakan lebih komunikatif, dapat menggunakan internet tentunya sudah memahami tentang kepemiluan.

“Tentu (relawan) harus bisa berkomunikasi dengan basis yang dikusai, agar tahapan pemilu dapat tersosialisasikan, dan berjalan efektif sesuai apa yang kita harapkan yakni terlaksananya pemilu sukses dan berkualitas di Lubuklinggau,” tukasnya. NSR

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!