KPU MURA “Nekat” Lounching Pilkada di Zona Kuning, Pelaksanaan Protokol Covid 19 Tidak Maksimal

ADVETORIAL, Panjinews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musirawas (Mura), Sabtu (15/8) bertempat ditaman beregam Mura menggelar kegiatan lounching pilkada serentak 2020 di Mura. Kegiatan yang ditujukan untuk mensosialisasikan pelaksanaan pilkada yang jatuh pada 9 Desember ini terlaksana cukup meriah.

Meskipun dalam kondisi zona kuning virus corona, kegiatan tersebut dihadiri antusias jajaran KPU sampai PPS dan Pemerintah Kabupaten Musirawas dan tamu undangan lainnya. kurang lebih 500 orang tumpah ruah dalam kegiatan tersebut, tanpa menghawatirkan akan terjadi klaster baru penyebaran virus corona.

Berdasarkan pantauan dilapangan, dalam pelaksanaan lounching pilkada di Mura ini pelaksanaan protokol kesehatan tidak berjalan baik. Tidak efektik pelaksanaan cek suhu tubuh, banyak peserta yang tidak menggunakan masker, dan peserta yang hadir duduk hampir tak berjarak.

“Saya tidak dilakukan cek suhu tubuh, masker ada saya bawa dari rumah ini,” ujar Febri salah seorang peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Sebelumnya, Anggota KPU Mura, Syarif mengatakan,  pelaksanaan lounching hampir sama dengan tiga daerah lain di Sumsel yang telah melaksanakannya. Seperti memfokuskan sosialisasi agar setiap pelaksanaan tahapan pilkada mengikuti standar protokol kesehatan. Saat pencoblosan,  petugas maupun pemilih diwajibkan menggunakan APD.

Untuk itu lanjut Syarif,  pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkab Mura, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan stakeholder terkait. “Pemilu kali ini menjadi sejarah karena diselenggarakan di tengah pandemi corona. Tentu menjadi pengalaman dalam penyelenggaraan pemilu di masa mendatang bila menghadapi situasi seperti ini, ” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Musirawas (Mura), H Hendra Gunawan (H2G) mengatakan dalam sambutan dikegiatan Louncing Pilkada serentak 2020 di Mura pelaksanaan kegiatan tersebut sudah berjalan sesuai protokol kesehatan.

Seluruh panitia, peserta dan tamu undangan sudah menjalankan perintah untuk memakai masker dan menjaga jarak. “Alhamdulillah kegiatan lounching ini sudah berjalan baik. Seluruh yang hadir disini sudah mengikuti protokol kesehatan. Memakai masker semua, dan menjaga jarak,” ujar H2G.

Baca Juga:  Di Era Bupati H2G Mura Raih Penghargaan Pembina Kampung ProKlim Terbaik

Ia mengatakan, kegiatan ini sangat perlu dalam rangka mensosialisasikan pelaksanaan pilkada serentak di Mura ini. “Saya yakin sebelum pandemi sosialisasi sudah digulirkan. Namun terhenti selama beberapa bulan. Alhamdulillah sekarang diadakan lounching, semoga sosiasasi ini terus membahana. Saya yakin rakyat mura kalau hanya 77 persen target yang didinginkan akan tercapai,” ungkapnya.

H2G menegaskan, pelaksanaan pilkada saat ini diuji, demokrasi sudah berjalan puluhan tahun lalu. Kondisi pandemi ini perlu jadi perhatian khusus. “Mari kita berdoa supaya virus corona ini segera berlari. Dan kita semua selalu sehat,” tutupnya. (TIM)

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!