Lengkapi Bukti Laporan, Hambali Berharap Bawaslu Usut Tuntas

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Lubuklinggau yang juga anggota DPRD Lubuklinggau, Hambali Lukman melengkapi laporan dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh oknum caleg Partai Gerindra, Endrik Prasetyo ke Bawaslu Lubuklinggau, Selasa (09/04).

Menurut data yabg dihimpun wartawan dilapangan, beberapa bukti yang diserahkan ke Bawaslu Lubuklinggau, yakni berupa print out Screenshot chat whatsapp, chat group whatsapp, dan chat facebook. Serta beberapa foto, dan video oengakuan saksi yabgbterkumoul dalam satu bundle flashdisk.

Hambali mengakui, dari sejumlah video yang diserahkan terdapat vidio pengakuan seorang siswi yang di intimidasi harus memilih Endrik Prasetyo pada Pileg 2019 jika tidak maka dana bantuan PIP yang diterima tidak berkah.

” Videonya ada, saya sebagai anggota DPRD dari Dapil sana sangat miris mendengar ungkapan bahwa jika tidak memilih dia maka sama saja uang bantuan itu haram bagi penerima, dan indikasinya uang bantuan dari program pemerintah yang berupa beasiswa ini dipakai sebagai transaksi politik,”ungkap Hambali.

Hambali berharap kinerja terbaik dari Bawaslu Lubuklinggau, untuk segera melakukan tindakan atas laporan tersebut dan bergerak sesuai aturan. ” karena jika tidak memproses laporan ini maka PDI P akan membawa perkara ini ke Dewan Kehormatan Penyelanggara Pemilu (DKPP),” tegasnya.

Lanjut Anggota Komisi III DPRD Lubuklinggau ini, juga meminta kepada instansi ataupun lembaga terkait untuk bertindak juga, seperti KPAID karena yang menjadi korban politisir adalah anak dibawah umur.

Terpisah, Komisioner Bawaslu Lubuklinggau, Bahusi mengatakan ia berjanji akan menindaklanjuti laporan tersebut dan akan mengkaji terlebih dahulu, apakah laporan ini memenuhi unsur atau tidak.

”Yang pasti akan kita proses, dengan mekanisme pengkajian terlebih dahulu, Kalau memenuhi unsur pelanggaran dan oidana Pemilu maka akan dibawa keranah Gakumdu, dengan melibatka stake holder terkait, yakni Polres dan Kejari Lubuklinggau,” pungkasnya. RIL

Baca Juga:  KPU Bentuk Relawan Demokrasi Untuk Tingkatkan Partisipatif Pemilih

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!