Mursyidi: Lubuklinggau Bukan Zona Merah Pemilu

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Lubuklinggau, Mursyidi saat dibincangi wartawan mengatakan berdasarkan indeks kerawanan pemilu (IKP) se Indonesia, yang disampaikan bawaslu pusat bahwa Lubuklinggau tidak termasuk kedalam zona merah maupun zona hijau. “Ikp tersebut berdasarkan sample pada pemilu dan pilkada yang sebelumnya. Intinya Lubuklinggau terkategori sedang,” ujarnya. Kemarin (26/9)

Meski demikian, Pihaknya tetap melakukan upaya mengantisipasi potensi pelanggaran dan kecurangan itu terjadi, seperti giat koordinasi dengan panwascam dan ppl tentang wilayah pengawasan, serta peningkatan mutu panwascam dan ppl melalui bimtek dan sosialisasi langsung terhadap masyarakat maupun rutin koordinasi dengan stake holder lainnya.

“itu kita harapkan agar tidak hanyak bawaslu beserta jajaran saja yang melakukan pengawasan pada pemilu, namun masyarakat juga memiliki peran serta stake holder lainnyapun juga ikut berperan,” jelasnya

Mursydi menambahkan, yang patut di waspadai itu money politik, penyebaran hoax serta isu sara yang mengancam perpecahan dimasyarakat. Makanya bawaslu yang juga tergabung didalam gakumdu yang terdiri dari kejari, polres, dandim dan instasi lainnya selalu memantau potensi kerawanan tersebut, baik dari medsos maupun pantauan langsung, guna menekan serta mencegah pelanggaran pemilu.

“Untuk kota Lubuklinggau sendiri berdasarkan maping bawaslu dan gakumdu pada pilkada dan pemilu terdahulu, terdapat sedikit perhatian ekstra potensi kerawanan pelanggaran pemilu yakni di wilayah pinggiran kota. Disana kita khawatirkan rawan terjadi mobilisasi massa, bahkan tidak menutup kemungkinan adanya money politik. Itu akan menjadi perhatian khusus kita,” tegasnya. NSR

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!