Pastikan KPPS bebas Kepentingan Politik

*KPU Kota Lubuklinggau Lakukan Pengecekan Melalui Sipol

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Lubuklinggau berhati-hati dalam merekrut anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS).

Hal ini diungkapkan, Komisioner KPU Lubuklinggau, Andri Afandi saat dikonfirmasi wartawan, kamis (4/3), mengatakan beberapa waktu yang lalu telah dibukanya pendaftaran calon anggota KPPS pada 6-12 Maret. Ia juga mengungkapkan, KPPS merupakan ujung tombak penyelenggara pemilu karena bertugas langsung dalam pemungutan suara di tiap TPS.

“Jangan sampai mereka terindikasi sebagai anggota partai politik atau mendukung salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Itu yang harus diwaspadai karena KPPS merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemilu,” tegasnya.

Andri juga mengingatkan, jangan sampai pihaknya salah merekrut anggota KPPS yang nantinya bisa menimbulkan kecurangan dan dapat mendelegitimasi pemilu yang sudah berjalan. Sebab, jika di KPPS terjadi manipulasi maka sampai atas akan termanipulasi semua, meskipun ada mekanisme koreksi di atasnya, tapi kalau terlalu banyak bocoran akan menjadi berat untuk mengoreksinya.

“Jangan sampai salah merekrut anggota KPPS yang bisa menimbulkan kecurangan, makanya kita akan mengecek semua nama kpps yang telah direkrut di sipol. Bila ada namanya dalam sipol maka akan kita ganti secepatnya,” jelas Andri.

Dilanjutkanya, pendaftaran calon anggota KPPS telah dimulai pada 6-12 Maret, sementara penetapan dan pengumumannya 29 Maret-10 April. “jumlah KPPS dilubuklinggau sebanyak 4256 orang, kita berharap ada kombinasi antara KPPS yang sudah berpengalaman dan yang baru untuk mengatisipasi adanya kecurangan,” harapnya

Masih kata ayah dua anak ini, dalam rekrutmen kpps ini, KPU akan memperhatikan tiga hal, yakni bekerja transparan, berintegritas, serta profesional. “Ketiganya kami dorong dan mudah-mudahan bisa terwujud,” pungkasnya. NSR

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!