Realisasi Dana Kelurahan Tahap Pertama Sudah 100 Persen

TEBINGTINGGI, Panjinews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang melalui Badan Pengolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Empat Lawang telah 100 persen melakukan pencairan dana kelurahan tahap pertama ke sembilan kelurahan yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini.

Kepala BPKAD Empat Lawang, Hendra Lezi mengatakan, berdasarkan laporan ke kementrian keuangan, 100 persen realisasi dana kelurahan tahap pertama dialksanakan Rabu (14/8) kemarin.

“Alhamdulillah tahap pertama selesai. Sudah kami laporkan ke kementrian. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai peruntukannya,” ujar Hendra.

Dijelaskannya, besaran anggaran kelurahan tersebut berjumlah Rp3,3 Milyar lebih. Sudah terealisasi 39 persen atau sebesar Rp1,3 Milyar lebih. “Pencairan dana kelurahan dilakukan dua tahapan. Ini sudah tahapan pertama. Satu tahapan lagi. Pencairannya melalui prosesTamban Uang (TU). Artinya kegiatan bisa dilaksanakan kalau dana sudah dicairkan,” jelasnya.

Untuk penggunaan anggaran kelurahan juga, masih kata Hendra, penggunaanya diwajibkan melalui swakelola. Digunakan untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat. “Harus swa kelola. Tidak boleh di pihak ketigakan. Dan juga digunakan untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat. Tidak untuk operasional kelurahan,” tutupnya. RED

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!