Sukses Selenggarakan Bimtek Saksi Parpol

LUBUKLINGGAU, Panjinews.com – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) lubuklinggau timur 1 mengadakan pelatihan dan Bimbingan Teknis bagi saksi parpol peserta Pemilihan Umum 2019. Kegiatan dilaksanakan di Aula Hotel Sempurna kota Lubuklinggau, Senin (8/4) hingga Rabu (10/4).

Ketua Panwascam Lubuklinggau Timur 1, Adi Prasetyo didampingi Komisioner panwascam, Raes Fernando dan Fery, menyebutkan, jumlah saksi parpol yang mendaftar yakni ada 10 parpol diantaranya Partai Perindo, PPP, Nasdem, Pan, Demokrat, PBB, Pkb, Golkar. “Kami laksanakan selama tiga hari dan setiap hari itu dibagi dalam tiga sesi,” ujarnya.

Ia mengatakan materi pelatihan dan bimtek diberikan oleh Panwascan seputar Perhitungan Surat Suara dan materi teknis lainnya berkaitan dengan tupoksi saat pemilu 17 April 2019 nanti.

“Kalau materi yang diberikan itu tentang Perhitungan Surat Suara, Cara pencoblosan, cara mendampingi, orang yang mendampingi, mekanisme keberatan saksi, saksi-saksi ini melakukan kegiatan sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan,” jelasnya.

Ia mengaku selain itu, para saksi juga diberikan materi tentang mekanisme tentang, Proses terjadinya Pemungutan Suara Ulang dan Perhitungan Suara Ulang.

Ia juga mengingatkan saksi tidak boleh menggunakan atribut Parpol saat ikut atau berlangsungnya kegiatan
proses kegiatan pemilihan dan pemungutan surat suara.

Dipertegasnya saksi saat hadir nanti di TPS wajib membawa surat mandat dari Ketua Parpol atau ketua koalisi atau ketua tim pemenangan dan wajib menggunakan ID Card selama proses kegiatan pemungutan hingga penghitungan suara selesai. NSR

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!