“Terus Berinovasi” KPU Sumsel Launching Rumah Pintar Pemilu Digital

ADVETORIAL, Panjinews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumsel jadi salah satu KPU Provinsi yang meluncurkan teknologi data pemilu berbasis teknologi digital yang diberi nama E-RPP Sriwijaya atau Rumah Pintar Pemilu (RPP) Sriwijaya.

“RPP Sriwijaya di KPU Sumsel ini salah satu dari sembilan RPP diseluruh Indonesia yang terpilih untuk mengembangkan data-data pemilu berbasis teknologi digital. Kalau selama ini masyarakat yang ingin mencari informasi soal pemilu dengan cara manual, namun saat ada RPP ini informasi mudah didapat dengan satu sentuhan saja,” ujar Komisioner KPU Sumsel Amrah Muslimin, kepada sejumlah wartawan, Senin (30/12/2019) siang.

Dikatakan Amrah, semua data pemilu akan diinput kedalam layar sentuh yang akan ditempatkan di Aula KPU Sumsel. Namun, untuk saat ini data pemilu yang ada di RPP masih secara nasional.

“Sekarang kita sedang menyiapkan konten-konten lokal yang akan kita input ke dalam RPP Sriwijaya. Bisa jadi kita masukkan mulai dari Pemilu 2004 lalu ataupun lebih lama lagi. Pastinya semua data pemilu mulai dari nama-nama caleg, kegiatan KPU, dan hasil-hasil pemilu akan kita masukkan ke RPP ini, sehingga masyarakat tidak perlu repot lagi mencari informasi seputar pemilu,” jelasnya.

Masih kata Amrah, RPP Sriwijaya ini merupakan bantuan dari KPU RI dengan nilai Rp 200 juta dalam bentuk peralatan dan sistem.

“Kedepannya kita juga akan membuat aplikasi mobile untuk lebih mempermudah jangkauan ke masyarakat daerah kabupaten kota lain di Sumsel. Hambatan kita disini masalah anggaran, kita harap pemerintah dan DPR dapat mendukung KPU untuk mengembangkan teknologi ini,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Ketua KPU Provinsi Sumsel, Kelly Mariana KPU Sumsel mendapatkan kesempatan untuk melakukan digitalisasi rumah pintar pemilu karena baru-baru ini karena dengan berbagai inovasi dan kunjungan KPU RI secara langsung ke RPP Sriwiijaya secara langsung, KPU Sumsel terpilih menjadi salah satu yang terbaik.

Baca Juga:  Dodi - Giri : Janji Sempurnakan Pembangunan Sumsel

“KPU Sumsel sebenarnya sudah memiliki Rumah Pintar Pemilu Sriwijaya sejak 2018.  Dengan berbagai inovasi yang dilakukan dan sudah dikunjungi KPU RI, RPP Sriwijaya terpilih satu di antara sembilan RPP terbaik di Indonesia. Ada KPU Sumatra Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Selatan. Sembilan KPU provinsi yang menjadi percontohan ini mendapatkan hadiah untuk memulai digitalisasi RPP. Makanya hari ini kita launching e-RPP atau elektronik Rumah Pintar Pemilu,” ujar Kelly.

Kelly menambahkan KPU RI juga memberikan bantuan dua unit layar sentuh (touch screen). Ini disediakan bagi masyarakat yang ingin mengakses informasi terkait pemilihan umum (pemilu). Menurutnya, saat ini rumah pintar pemilu elektronik (e-RPP) baru menyediakan data pemilu secara nasional.

“Jadi kita punya RPP itu lengkap, data-data Pemilu mulai dari 1955 sampai yang terakhir berupa foto-foto, dokumentasi, informasi berbentuk data. Kita juga punya audio visual, selain juga home cinema untuk bersama-sama menonton sejarah Pemilu,” pungkasnya. NSR

Berikan nilai berita ini?

Berita Terkait ⚡️

error: DILARANG COPAS !!!